Membuka Mata untuk Melihat Pintu yang Terbuka

Saat Pintu yang Lain Tertutup, maka Pintu yang Lain Terbuka

Setiap manusia pasti pernah mengalami cobaan dan ujian. Di dunia ini ada orang yang beranggapan bahwa hidupnya tak pernah lepas dari masalah, bahkan merasa hidupnya tak pernah bahagia karena tak menemukan jalan keluar dari permasalahannya.

Sebenarnya yang menjadi permasalahan adalah bukan pada masalah itu sendiri, tapi sikap dan cara pandang terhadap masalah tersebut. Karena sebanyak dan sebesar apapun permasalahan hidup, jika cara pandang dan sikap kita tepat maka permasalahan itu tak akan terasa berat.

Setiap masalah adalah sebuah ujian untuk kita. Ujian agar kita mampu menjadi orang yang kuat dan tegar. Ujian untuk mengukur dan meningkatkan keimanan kita. Sayangnya ketika sebuah masalah datang kita terlalu menutup diri dari hal lain. Bahkan begitu banyak kebahagiaan yang kita lewatkan karena kita terpuruk pada kesedihan yang satu.

Sering kali kita menutup mata dan telinga pada hal yang jauh lebih baik. Pada hal yang sebenarnya akan membebaskan kita dari permasalahan. Dan tak jarang justru jawaban atas permasalahan kita ada pada sesuatu yang kita anggap spele. Karena apa yang kita suka belum tentu menjadi terbaik untuk kita, dan apa yang kita anggap buruk untuk kita bisa jadi itu yang terbaik untuk kita.

Firman Allah SWT yang artinya :

“Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Al-Insyirah : 5-6)

Ayat di atas menunjukan bahwa setiap kesulitan yang kita hadapi pasti akan ada kemudahan yang menyertai. Setiap permasalahan yang kita hadapi pasti ada solusi untuk bisa memcahkan masalah. Yang terpenting adalah kita harus tetap berusaha dan bekerja keras, serta pasrah terhadap apa yang telah Allah beri untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *